Pusat Penjualan Ace Maxs di Surabaya Pusat, Termurah, Tercepat dan Terdepan

Sabtu, 25 Juli 2015

Warna Lidah Bisa Mendeteksi Penyakit Pada Manusia

Lidah merupakan organ pada manusia yang terletak pada mulut dan mempunyai banyak fungsi untuk membantu aktifitas manusia. Saat ini ada motode baru yang biasa dipraktekkan kepada seseorang yang sedang mempunyai penyakit dengan melihat warna lidah tersebut. Misalnya saja pada seseorang yang sedang menderita penyakit maag maka akan terlihat pucat dan berwarna putih lidah tersebut. Begitu juga dengan warna lain pada lidah yang akan menandakan seseorang tersebut terkena penyakit apa. Sebelum mengulas tentang warna lidah pada mansuaia maka terlebih dahulu mengenali tugas serta fungsi dari lidah itu sendiri terlebih dahulu. Lidah merupakan organ manusia yang terletak di dalam mulut sampai tenggorokan. Letak lidak yang menjalar dali tenggorokan sampai ke mulut tersebut tidak hanya sekedar untuk satu fungsi saja, melainkan banyak fungsi untuk membantu proses aktifitas keseharian manusia tersebut. Mulai dari fungsi indra perasa sampai dengan indra penikmat layak disandangkan pada organ lidah tersebut. Perlu diketahui bahwa lidah adalah organ yang tak bertulang sehingga banyak sekali saraf yang terdapat di dalamnya. Oleh karenanya pantas memang jika lidah sebagai indra perasa yang mampu merasakan beberapa makanan yang masuk ke dalam mulut.


Lidah mempunyai otot yang dapat menggerakkan lidah sampai ke ujung gigi yang paling depan, bisa juga digunakan sebagai pembersih bagian sela-sela gigi yang pada pada manusia. Lidah sangatlah fleksibel bisa digerakkan kesana dan kemari, lidah juga membantu proses bicara manusia. Selain fungsi tersebut juga ada fungsi lainnya seperti sebagai membantu proses mengunyah makanan yang masuk ke dalam mulut maupun juga untuk meminum air serta menyedot minuman lewat sedotan. Untuk itu keberadaan lidah pada manusia dirasa sangatlah penting karena mempunyai banyak fungsi.

Fungsi Lidah Yang Paling Utama


  1. Sebagai indra perasa pada Makanan
  2. Untuk menyimpan makanan pada saat antre akan dikunyah melalui gigi
  3. Membantu proses menelan makanan ataupun juga minuman
  4. Untuk membersihkan gigi setelah makan
  5. Untuk melakukan aktifitas berbicara
Fungsi utama lidah yang paling utama sudah kami jelaskan seperti yang diatas, tentu ada banyak lagi fungsi lidah pada organ manusia. Seperti halnya ketika seseorang mengatur air liurnya juga menggunakan lidah, terlebih lagi pada hewan seperti ular maupun juga komodo memanfaatkan lidahnya sebagai indra perasa untuk merasakan getaran di sekelilingnya sehingga mampu menemukan mangsanya. Setiap orang dibelakali lidah yang berfungsi sebagai alat bermacam-macam fungsi. Untuk itu kita wajib bersyukur atas segala karunia Tuhan yang maha Kuasa. Semoga saja lidah yang tak bertualang ini mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsi utamanya.


Sebagai lidah kita bisa merasakan manis, asam, asin, pahit, dan umami atau gurih (5 rasa ), untuk melakukan hal ini ada sekitar 10.000 pengecap yang ditemukan di lidah kita (2.000 dari mereka berada di bawah lidah, di dalam kedua pipi, di bibir, dan di atap mulut itu). Anda dapat mengidentifikasi rasa asin dan manis dari ujung lidah Anda, rasa pahit dari dasar lidah Anda, dan rasa asam dari kedua sisi lidah Anda.

Lidah manusia dianggap otot terkuat dalam tubuh dan salah satu yang paling sensitif juga. Tidak hanya itu, tapi lidah kita adalah otot yang paling fleksibel juga. Juga, lidah bekerja sebagai pembersih alami bagi gigi dan dapat lebih cepat sembuh daripada bagian tubuh lainnya.

Warna lidah memberitahu kita jika ada kondisi kesehatan yang perlu untuk ditangani. Biasanya, lidah kita yang berwarna merah muda akan menandakan kesehatan yang baik. Namun, ketika warna berubah menjadi putih, biasanya berarti bahwa ada infeksi jamur. Di sisi lain, jika lidah berubah warna menjadi kuning, maka itu berarti bahwa Anda juga memiliki demam atau masalah perut.

Lidah bertanggung jawab untuk mendeteksi dan mengirimkan sinyal rasa yang ke otak kita. Ada sekitar 10 sampai 15 wadah ditemukan di setiap pengecap yang membawa pesan ke otak. Karena ada berbagai saraf hadir di lidah kita, sinyal dapat dilakukan sampai otak sehingga dapat mendeteksi dan membedakan berbagai rasa dan selera.

Jika Anda kebetulan melihat lidah Anda dengan kaca pembesar, Anda akan menemukan bahwa ada benjolan kecil di atasnya. Pada kenyataannya, ada ribuan benjolan kecil di atasnya yang secara ilmiah dikenal sebagai papila. Papila ini adalah rumah bagi selera Anda yang dapat mendeteksi berbagai selera.

Lidah harus lembab dan keberadaan air liur diperlukan untuk mengidentifikasi rasa makanan. Untuk membuatnya lebih sederhana, lidah kering tidak akan dapat memberi tahu apa yang kita mencicipi. Katakanlah bahwa Anda menempatkan sepotong kapur di lidah kering, otak Anda tidak akan dapat memahami apa rasanya.

Lidah manusia agak mirip dengan ujung jari. Mari saya jelaskan bagaimana. Setiap individu memiliki bentuk yang unik dari lidah dengan perbedaan jumlah pengecap di atasnya. Itulah sebabnya, jejak lidah lidah masing-masing individu akan berbeda seperti dengan sidik jari.

Dari semua otot yang ditemukan dalam tubuh manusia, lidah kita adalah satu-satunya otot yang tidak terhubung di kedua sisi. Setiap otot lain dalam tubuh kita sebenarnya terhubung dari kedua sisi.

Macam Warna Lidah yang menandakan Penyakit

Lidah yang sehat adalah yang mempunyai warna merah cerah, jaringan di dalamnya utuh tidak mempunyai retakan sama sekali. Serta warna yang merah muda cerah menandakan tidak ada jamur yang menempel pada area di sekitar lidah tersebut. Oleh karenanya siapa saja yang saat ini mempunyai lidah berwarna merah muda cerah haruslah bersyukur karena itu menandakan idah sedang sehat tidak mempunyai riwayat penyakit apapun.

Lidah yang mempunyai warna putih pucat ataupun juga mempunyai warna hitam bahkan menguning tentu menandakan itu semua terkena penyakit. Biasanya seseorang yang mempunyai lidah berwarna putih itu menandakan terkena penyakit maag ataupun juga tifus. Sedangkan berwarna hitam itu menandakan seseorang terkena infeksi yang menyebabkan berkembangnya jamur di dalam mulut seseorang tersebut. Oleh karenanya seseorang yang saat ini sedang menderita penyakit bisa di deteksi pada bentuk dan warna lidah. Warna lidah yang mengalami perubahan tersebut memang dikarenakan beberapa faktor yang mana faktor tersebut dipengaruhi hormon yang mengalami perubahan pada lidah. Kondisi sel yang mati akibat suatu penyakit tentu akan menyebabkan berbagai gangguan sistem hormonal pada seseorang. Dan benar saja kondisi tersebut akan mempengaruhi warna lidah pada seseorang.

Macam warna lidah pada seseorang menandakan adanya penyakit yang sedang di idap oleh seseorang, jika warna lidah Anda tidak merah muda maka jangan anggap sepele bisa jadi itu sebagai tanda adanya suatu penyakit pada tubuh Anda.
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

2 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© AGEN ACE MAXS SURABAYA PUSAT
Designed by Ace Maxs Surabaya Cooperated with Syaiful Oke
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top